MEMBUAT MODEL BANGUN RUANG DARI TANAH LIAT

Bookmark and Share
Dalam pelajaran matematika pengenalan bangun ruang yaitu kubus, balok, prisma, limas, kerucut dan bola sudah dimulai sejak kelas IV Sekolah Dasar. Tentu saja sangat sulit dipahami oleh siswa tanpa menggunakan alat peraga yang tepat, misalnya saja hanya menggunakan gambar. Alat peraga demensi tiga tentu sangat membantu tetapi peraga ini jarang dimiliki oleh sekolah-sekolah terutama yang jauh dari kota.

. Misalnya di beli sendiri oleh sekolah tentu harganya mahal, paling tidak jauh lebih mahal dibandingkan peraga berdemensi dua. Untuk itu diperlukan kreatifitas guru untuk membuat sendiri alat peraga tersebut. Saya akan mengajak rekan-rekan guru untuk membuat alat peraga bangun ruang dari tanah liat. Mengapa dipakai tanah liat?. Karena tanah liat mudah dicari dan murah, mudah dibentuk, proses pembuatannya sederhana, setelah kering relative kuat jika dibandingkan dengan kertas atau karton. Proses pembuatannya tanah liat di bersihkan dari kotoran berupa ranting atau akar-akar kecil kemudian di pukul-pukul atau diremas-remas supaya lebih padat. Selanjutnya tinggal di bentuk sesuai keinginan, selanjutnya dikeringkan. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siswa dengan petunjuk dan bimbingan dari guru. Perlu ditekankan agar bentuk kubus benar-benar berbeda dari bentuk balok. Selain sebagai variasi kegiatan pembelajaran kegiatan ini dapat memupuk rasa peduli terhadap lingkungan dan ketrampilan berkreasi. Mudah-mudahan dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan guru.

{ 5 comments... Views All / Send Comment! }

Sumadi said...

Inggih Pak,kawula lare Srikayangan. Kula riyin muridipun Pak Basuki samping SMP Kedungsari. Pak Basuki kabaripun sampun sukses minggah Haji lan mbikak show room elektronik ten Gawok Wates. Guru itu cita2ku dulu. Tapi nasibku ga mujur jadinya cuma kuli. Syukur aku ikut senang warga Kulon Progo bisa andil dalam pembangunan diluar Jawa melalui pendidikan dan pengajaran. Pendidikan harus berhasil baru pengajaran. Karena dua kata yg berbeda arti yg kadang2 orang tidak tahu. Pak mau tanya cara membuat Read More/Selengkapnya bagaimana ? Trma Kasih.

sudaryadi said...

Syukurlah kalau kawan-kawanku pada sukses.
Untuk membuat read more, saya ga bisa jelaskan disini, bukan keahlian saya mas.
klik saja pelajaran blog yang ada di sebelah kanan halaman ini.
Matur nuwun

dyah-daim said...

terimakasih bapak telah mengunjungi blog saya, yang sebenarnya adalah tugas kuliah..terimakasih juga atas doanya.
Saya sekarang ini sedang mengikuti mata kuliah mikro teaching, sudah hampir selesai, tapi saya bingung untuk menentukan materi yang akan saya ambil untuk dibuat rpp selanjutnya di kelas mikroteaching ini, mungkin bapak ada saran?o iya, saya mendapat kelas smp.terimakasih pak...

Romantic said...

saran saya
1. pilih materi yang anda kuasai
2. tentukan metode yang interaktif, kalau perlu bikin lks
3. bikin rpp secara terinci, sesuai waktu yang telah ditentukan

ApriL DiaMoNd's UniOn said...

that's amazing sir,, artikel-artikel sangat mudah dimengerti dan sangat bermanfaat

Post a Comment

Please comment politely.