MENANAMKAN KONSEP PERKALIAN DENGAN BULIR PADI

Bookmark and Share
Kegiatan ini sasarannya adalah siswa kelas 2 Sekolah Dasar, dengan latar belakang orang tuanya petani, khususnya petani padi. Tujuannya menanamkan konsep perkalian dengan metode belajar sambil bermain.
Sebelum mulai kegiatan perlu disiapkan bahan-bahan yaitu bulir padi (gabah) satu genggam, kertas kalau bisa yang agak tebal, lem serta pensil. Alat dan bahan dapat disiapkan oleh siswa atau disiapkan olehguru.

Tahap berikutnya tahap pelaksanaan
Kegiatan Awal
Guru memberi motifasi dengan mengajukan pertanyaan mengenai penjumlahan bilangan bulat, karena dalam kegiatan ini penjumlahan bilangan bulat dijadikan pra syarat. Guru menjelaskan konsep perkalian dengan mengunakan penjumlahan berulang, misalnya 3 x 4 artinya 4+4+4, siswa tinggal menghitung hasilnya dengan cara menjumlah. Setelah itu siswa menyiapkan alat dan bahan.
Kegiatan Inti
Siswa dapat bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil, misalnya dengan teman sebangkunya. Guru memberikan contoh cara menyelesaikan perkalian 4 x 5 yaitu dengan cara membuat 4 kotak atau lingkaran, dalam setiap kotak diisi dengan bulir padi masing-masing 5 bulir dengan cara menempel, hasilnya adalah jumlah dari semua bulir padi yang telah di tempel dalam ke empat kotak tersebut. Demikian seterusnya dengan soal perkalian yang berbeda.
Kegiatan Akhir
Siswa menuliskan hasil perkalian pada buku tulisnya, dan guru mencoba memberikan soal untuk diselesaikan tanpa menggunakan bulir padi.

Kegiatan ini selain menanamkan konsep perkalian juga dapat melatih siswa bekerja lebih teliti, cermat dan telaten.
Silakan bapak dan ibu mencobanya, karena kegiatan ini mudah dan murah. Selamat mencoba, semoga menyenangkan.

{ 3 comments... Views All / Send Comment! }

noorizam shah said...

salam perkenalan dari Malaysia

Umar Zakir Abdul Hamid said...

salam.
terima kasih kerana mengunjung blog saya
tulisan yang bagus
anda guru ya?
matematik?
tahniah .
teruskan mendidik

hazri87 said...

salam kenal dari malaysia...saya juga bakal pendidik dalam tempoh dua tahun lagi...teruskan usaha mendidik anda...

Post a Comment

Please comment politely.