Tetap Sehat Saat Berlibur Dengan Anak-Anak

Bookmark and Share
Bayi dan anak-anak memiliki kondisi yang masih rentan terhadap beberapa penyakit dan perubahan cuaca. Karena itu, persiapkan secara bijak sebelum anda mengajak mereka dalam perjalan jauh. Tanyakan kepada Dokter anda mengenai kondisi kesehatan bayi dan anak anda, apakah cukup sehat untuk bepergian dengan anda. Apabila anda telah mendapatkan ijin dari Dokter, perhatikan beberapa hal penting berikut ini yang berhubungan dengan kesehatan bila bepergian bersama bayi dan anak-anak, baik berwisata ataupun berkunjung ke suatu tempat yang jaraknya jauh, baik didalam maupun diluar negeri.
 
Diare.
Diare merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh anak-anak yang sedang  bepergian. Apabila anda membawa bayi anda pada saat bepergian, maka cara terbaik untuk mencegah diare adalah dengan cara memberi ASI (menyusui). Bagi anak-anak yang sudah tidak menyusui atau yang lebih tua, ingatlah beberapa hal ini :  makan makanan yang dimasak terlebih dahulu dan disajikan panas, makan buah-buahan yang masih segar dengan mencuci terlebih dahulu kemudian mengupas kulitnya, sayuran juga harus yang matang dan dicuci  dalam air bersih sebelum dimakan, minum minuman yang wadahnya tertutup atau air yang telah direbus atau diolah dengan bersih. Jangan lupa mencuci tangan mencuci tangan menggunakan pembersih tangan yang berbasis alkohol.

Diare tidak bisa dianggap enteng bila terjadi pada bayi dan anak-anak karena dapat menyebabkan dehidrasi. Namun apabila anak-anak terkena diare, maka hal terbaik yang harus kita lakukan adalah memberikan banyak air minum untuk mencegah dehidrasi. Garam rehidrasi oral dapat digunakan untuk mencegah dehidrasi. Anda dapat menggunakan oralit yang banyak tersedia di apotek. Bila bayi atau anak-anak menderita dehidrasi yang parah, demam atau tinja berdarah, maka secepatnya harus mendapatkan perawatan  medis yang lebih serius.

Malaria dan Penyakit Menular Lainnya yang Disebarkan oleh Serangga.
Nyamuk dan serangga lainnya ada di berbagai tempat yang kita kunjungi saat berwisata bahkan saat diperjalanan. Untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga lainnya, berikan lotion atau spray anti nyamuk dan serangga kepada anak-anak. Jangan lupa kenakan baju berlengan panjang dan celana panjang bagi anak-anak. Namun sebaiknya obat malaria harus anda sediakan pada saat bepergian. Hubungi Dokter anda untuk mendapatkan obat terbaik bagi anak-anak. Anak-anak tidak suka dengan rasa pahit obat, namun anda bisa meminta dalam bentuk kapsulnya. Penyakit lain yang berbahaya adalah Demam Berdarah dan leishmaniasis. Pada malam hari, anak-anak sebaiknya tidur di di kamar ber-AC atau di bawah kelambu agar terhindar dari gangguan nyamuk dan serangga lainnya. Bisa juga anda gunakan lotion atau spray anti nyamuk.

Rabies.
Rabies lebih banyak terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa karena anak-anak lebih sering untuk mencoba berhubungan dengan hewan yang belum mereka kenal. Berhubungan dengan hewan yang baru mereka temui seperti di kebun binatang atau peliharaan di rumah teman mereka akan meningkatkan resiko anak-anak terkena rabies. Anak-anak perlu diberitahu untuk menjauhi semua hewan, atau paling tidak beritahu mereka agar jangan sampai digigit. Jika terjadi gigitan hewan, maka bagian tubuh yang tergigit  harus dicuci bersih dengan sabun dan air dan harus mendapat pemeriksaan medis sesegera mungkin.

Kecelakaan dan Kejadian Tak Terduga.
Kecelakaan dapat saja terjadi baik diperjalanan maupun di tempat wisata. Untuk menghindari kecelakaan di perjalanan, jika anda bepergian menggunakan mobil, bawalah kursi khusus (car seat) untuk bayi atau anak-anak. Jika menggunakan pesawat tebang, pilihlah car seat yang juga cocok untuk digunakan di pesawat terbang.  (klik disini untuk informasi lengkap tentang bepergian dengan bayi dan anak-anak menggunakan pesawat terbang).

Setelah sampai tujuan sebaiknya bayi anda dibaringkan pada kereta dorong bayi (stroller) multifungsi. Awasi anak-anak terutama di tempat-tempat yang beresiko terjadi kecelakaan. Di pantai, anda harus mengawasi anak-anak agar tetap berenang di area aman dan gunakanlah jaket pelampung. Di kebun binatang, awasi anak-anak agar tidak terlalu dekat dengan binatang buas atau binatang lain yang bisa membahayakan. Selain itu beberapa binatang bisa membawa virus, bakteri ataupun penyakit lainnya, jadi sebaiknya hindari kontak langsung atau jangan terlalu dekat.

Vaksinasi Rutin dan Vaksinasi Perjalanan.
Sebaiknya bayi dan anak-anak yang akan anda ajak bepergian harus terlebih dahulu mendapatkan imunisasi lengkap dan vaksin untuk perjalanan. Hal ini sangat penting karena anda akan membawa bayi dan anak-anak anda ke suatu tempat yang mungkin asing bagi mereka dan berisiko menyebarkan penyakit. Anda bisa berkonsultasi dengan Dokter anda tentang beberapa jadwal vaksinasi yang dapat dipercepat dan obat-obatan dalam perjalanan yang cocok untuk bayi dan anak-anak anda, karena setiap anak memiliki kondisi yang berbeda dan sangat sensitif terhadap obat-obatan.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment

Please comment politely.